PS BANGKA

Logo PS Bangka

Persatuan Sepak bola Bangka (biasa disingkat: PS Bangka) adalah sebuah klub sepak bola Indonesia yang bermarkas di Sungai Liat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Klub ini memainkan pertandingan kandangnya di Stadion Ir. Sutiyono (OROM), Sungai Liat.

 

PS Bangka berdiri pada tahun 1970 dan pada era 70an sempat berjaya dengan menembus 8 besar Kompetisi Perserikatan Indonesia. Sejak kejayaan PS Bangka di era 70an, bisa dikatakan prestasi PS Bangka mengalami pasang surut, terlebih karena kurangnya dukungan finansial kepada klub. Pada musim 2011/12, dengan dukungan Pemerintah Provinsi Bangka Belitung serta doa seluruh masyarakat Bangka, memberikan kekuatan ekstra untuk pemain PS Bangka yang berhasil untuk pertama kalinya naik kasta (promosi) ke Divisi Utama Liga Indonesia pada musim 2013 mendatang.

 

PS Bangka mayoritas diperkuat oleh pemain lokal, mempunyai suporter yang diberi nama Laskar Sekaban (artinya: Laskar Supporter Bangka) ' yang senantiasa memberikan dukungan di setiap laga PS Bangka di Kandang, maupun partai Tandangnya. Kelompok suporter ini menjadi wadah bagi pencinta klub PS Bangka, dan banyak melakukan kegiatan sosial yang sangat tepat dan bermanfaat bagi masyarakat di Bangka pada umumnya.

 

Musim 2011/12, PS Bangka yg bermain di Divisi I Liga Indonesia dengan semangat juang yang tinggi, secara gemilang berhasil promosi ke Divisi Utama Liga Indonesia musim 2013 setelah menjadi Runner Up Divisi I Liga Indonesia tahun 2011/12.

 

PS Bangka akan memulai debut di Divisi Utama Liga Indonesia musim 2013 yang dimulai (kick off) pada bulan Januari 2013, dengan memasang target Promosi ke Liga Super Indonesia pada musim selanjutnya. Untuk merealisasikan itu semua tentunya tidak mudah, butuh pendanaan yang memadai agar PS Bangka dapat bersaing di kompetisi, diharapkan tidak hanya bantuan Pemerintah Provinsi Bangka Belitung saja, melainkan juga Perusahaan Swasta dan atau Bank Daerah yang ada di Bangka dapat membantu agar impian Masyarakat Bangka yaitu klub kebanggaannya, PS Bangka dapat tampil di kasta tertinggi kompetisi sepakbola Indonesia agar Sepakbola Bangka dapat mulai diperhitungkan dan Bangka jadi lebih dikenal oleh masyarakat daerah lainnya ketika bertandang di Bangka.

 

Nama lengkap Persatuan Sepak Bola Bangka
Julukan Laskar Sekaban
Tarsius Bangka
Didirikan 1970
Stadion Stadion Ir. Sutiyono (OROM)
Sungai Liat, Kabupaten Bangka, Bangka Belitung
(Kapasitas: 7.000 Orang)
Ketua Umum Bendera Indonesia Indra Maulana
Sekretaris Bendera Indonesia Tuiman
Bendahara Bendera Indonesia
Manajer Bendera Indonesia Indra Maulana
Pelatih Bendera Indonesia Lapril AS
Asisten Pelatih Bendera IndonesiaYudi Hendri
Dokter Tim Bendera Indonesia
Liga 2012/2013 Divisi Utama Liga Indonesia
Posisi 2011/12 Runner Up Divisi I Liga Indonesia 2011/12
Kelompok suporter Laskar Sekaban
Ultras Bangka

Skuad PS Bangka 2013 :