PERSMA MANADO

Persma Manado (singkatan dari Persatuan Sepak Bola Indonesia Manado) adalah sebuah klub sepak bola Indonesia berbasis di Manado, provinsi Sulawesi Utara, Indonesia. Persma saat ini berlaga di Liga Indonesia.

Persma didirikan pada tahun 1960. Salah satu tokoh sepakbola dari Sulawesi Utara adalah Mr. AE Mangindaan (Opa Mangindaan).

Klub ini mendapatkan perhatian yang besar dari Gubernur Sulawesi Utara, EE Mangindaan, yang merupakan Pembina Persma. Kelompok pendukungnya bernama Persma Fans Club.

Pelatih klub untuk musim 1986 lalu adalah Ronny Pangemanan. Sementara, pelatih klub untuk musim 2007 adalah Ronny Pangemanan dengan.. sebagai asisten pelatih. Saat ini Persma Manado dilatih oleh.. dengan .. sebagai Direktur Teknik.

 

Sejarah

Pada zaman Hindia Belanda, sepakbola adalah VIM (Voetbalbond Indonesische Manado). Pasca-Republik Indonesia kembali ke bentuk negara kesatuan, VIM berganti nama menjadi Persma(Persatuan sepak bola Indonesia Manado). Pada saat itu, NIVU (Nederlandsch Indisch Voetbal Unie) sebagai organisasi tandingan PSSI masih ada. Di sisi lain, VBO (Voetbalbond Manado en Omstreken) sebagai bond (perserikatan) tandingan Persma juga masih ada.

Dan pada Tahun 1995, Persma manado dibawah asuhan E.E Mangindaan, menjadi tujuan utama setelah persebaya, Tim sepakbola eredivisi PSV Eindhoven yang pada saat itu diperkuat oleh pemain mega bintang Ronaldo.