PERSIS SOLO

Persis Solo adalah klub sepak bola yang didirikan pada tahun 1923 di Surakarta, Jawa Tengah, Indonesia. Persis Solo adalah raksasa sepak bola Indonesia pada masa lalu, Persis pernah menjuarai kompetisi Perserikatan sebanyak 7 kali, namun kejayaan itu hanya berlangsung hingga akhir 1940-an, karena setelah itu tim ini terdegradasi hingga Divisi 3. Baru pada musim 2006 Persis berhasil menjadi runner up ketika bermain di Divisi Satu Liga Indonesia. Atas prestasi ini Persis promosi ke Divisi Utama pada musim kompetisi 2007-2008. Pada musim kompetisi 2011-2012 Persis Solo berlaga di Divisi Utama PSSI tergabung kedalam grup 2 bersama PSIS Semarang, Persepar Palangkaraya, Persikab Bandung, Persipasi Bekasi, PPSM Magelang, PSCS Cilacap, PSS Sleman, Persik Kediri, PSIR Rembang.

Saat ini Persis bermarkas di Stadion Manahan, yang memiliki kapasitas 35.000 penonton. Persis memiliki julukan "Laskar Samber Nyawa". Persis memiliki suporter fanatik yang disebut Pasoepati(Pasukan Soeporter Paling Sejati).

 

Nama lengkap Persatuan Sepak Bola Indonesia Solo
Julukan Laskar Samber Nyawa
Didirikan 1923
Stadion Stadion Manahan
(Kapasitas: 35.000)
Pelatih Bendera Indonesia Junaidi
Asisten Pelatih Bendera Indonesia Husin
Kelompok suporter PASOEPATI

 

Sejarah

Awal berdirinya masih bernama Vorstenlandsche Voetbal Bond (VVB), yakni semacam perserikatan sepak bola yang berada di kota Solo. VVB adalah pelopor dunia sepak bola di Indonesia. Disebut pelopor dunia sepak bola karena VVB berdiri sebelum klub-klub sepak bola ada di Indonesia, bahkan sebelum adanya PSSI atau Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia. VVB didirikan sejak tahun 1923 oleh Sastrosaksono dari Klub Mars dan R. Ng. Reksodiprojo dan Sutarman dari Klub Romeo.

Oleh bapak Soemokartiko, pada tahun 1928 nama Persis Solo atau Persatuan Sepak Bola Indonesia Solo resmi dipakai untuk menggantikan nama Vorstenlandsche Voetbal Bond (VVB).

 

Persis Solo adalah klub sepak bola yang berasal dari kota Solo, Jawa Tengah, Indonesia. Klub ini didirikan pada tahun 1923 oleh Sastrosaksono.

Saat ini klub Persis Solo berkandang di Stadion Manahan yang memiliki kapasitas hingga 35.000 penonton dan menjadikan Stadion Sriwedari sebagai pusat latihan tim.

 

Persis Solo mempunyai kelompok pendukung/suporter yang bernama Pasoepati (Pasukan Soeporter Paling Sejati). Selama menjalani kompetisi perserikatan, klub Persis telah berhasil meraih juara sebanyak 7 kali.

Persis kembali hadir di kancah sepak bola Indonesia sejak tahun 2006, setelah sebelumnya bertahun-tahun lamanya Persis bak menjadi fosil karena terlalu lama mengendap di kompetisi amatir negeri ini.

Di musim kompetisi 2006/2007 menjadi puncak prestasi bagi Persis karena di musim itu Persis berhasil lolos promosi ke kompetisi liga kasta tertinggi Indonesia yakni level Divisi Utama.

 

Sayang, raihan positif itu tidak dibarengi dengan gelar juara Liga Divisi 1 karena Persis kalah atas Persebaya Surabaya di pertandingan final yang berlangsung di stadion Brawijaya, Kediri.

Pada pertengahan tahun 2011 ini, klub Persis Solo telah melakukan merger dengan klub Solo FC yang sebelumnya berkompetisi di Liga Primer Indonesia. Hasil dari merger dua klub ini, menjadikan klub Persis Solo berhasil meraih predikat sebagai klub profesional di Indonesia.

 

Prestasi

Prestasi Persis Solo :

  • 1935 – Juara, menang atas PPVIM Jatinegara Jakarta
  • 1936 – Juara, menang atas Persib Bandung
  • 1937 – Runner-up, kalah dari Persib Bandung
  • 1939 – Juara, menang atas PSIM Yogyakarta
  • 1940 – Juara, menang atas PSIM Yogyakarta
  • 1942 – Juara, menang atas Persebaya Surabaya
  • 1943 – Juara, menang atas PSIM Yogyakarta
  • 1948 – Juara, menang atas PSIM Yogyakarta
  • 2006 – Runner-up, kalah dari Persebaya Surabaya

Pemain

Catatan: Bendera menunjukkan tim nasional pemain sesuai dengan peraturan FIFA. Pemain dapat saja mempunyai lebih dari satu kewarganegaraan.

No.
Pos. Nama
14 Bendera Indonesia GK Sandi Firmansyah
19 Bendera Indonesia DF Ari Yuganda
4 Bendera Indonesia DF Dian Fachrudin
16 Bendera Indonesia DF Rusdiansyah
18 Bendera Indonesia DF De Stevano Arsela
23 Bendera Indonesia DF Haryadi
8 Bendera Indonesia MF M. Affan Lubis
22 Bendera Indonesia DF Yogi Alfian
15 Bendera Indonesia MF Imam Rochmawan
28 Bendera Indonesia MF Ade Chandra Kirana
30 Bendera Indonesia MF Yunet Wibowo

No.
Pos. Nama
24 Bendera Indonesia DF Ganda Syahputra
25 Bendera Indonesia DF Asep Winarso
9 Bendera Chili MF Javier Rocca
27 Bendera Indonesia FW Ilham Hasan
26 Bendera Nigeria DF Michael Ndubuisi
87 Bendera Indonesia FW Roby Fajar
29 Bendera Indonesia FW Diego Benowo
5 Bendera Indonesia DF Sofyan Morhan
17 Bendera Indonesia FW Ferryanto Eko Saputro
10 Bendera Paraguay FW Arnaldo Vilalba
21 Bendera Indonesia GK Johan Setyawan
20 Bendera Indonesia GK Dwi Adi N