Divisi Utama Liga Indonesia 2006

Divisi Utama Liga Indonesia 2006 adalah musim kedua belas Liga Indonesia. 28 tim bermain pada musim ini.

Persik Kediri berhasil menjadi juara musim ini, setelah mengalahkan PSIS Semarang pada pertandingan final di Stadion Manahan, Surakarta dengan skor 1–0. Sementara, Persmin Minahasa dan Persekabpas Pasuruan terhenti di babak semifinal.

 

Format

28 tim peserta dibagi ke dalam dua grup (Wilayah Satu dan Dua) berdasarkan letak geografis dan prestasi tim. Empat tim teratas dari setiap grup maju ke babak 8 besar yang dibagi dalam dua grup. Dua tim teratas dari babak 8 besar maju ke babak semifinal. Pemenang pertandingan semifinal saling berhadapan di pertandingan final.

Peserta

Karena Persebaya Surabaya didegradasi ke Divisi Satu, maka pada Januari 2006 dilakukan babak play-off untuk menentukan tim penggantinya. Empat tim, yaitu: Pelita Jaya Purwakarta, Deltras Sidoarjo, PSPS Pekanbaru, dan Gresik United, bertanding untuk memperebutkan posisi tersebut. Hasilnya, Deltras Sidoarjo memenangkan babak play-off tersebut, setelah dua kali menang dan sekali seri.

Berikut merupakan tim peserta menurut pembagian wilayahnya.

PSIM Mataram dan PSS Sleman mengundurkan diri dari kompetisi musim ini, akibat adanya gempa bumi yang merusak infrastruktur dan menggangu mental pemain.